DAUR ULANG LIMBAH GARMEN

Oleh: Mohamad Yusman
yusmanmsc@email.com, yusman61@gmail.com

1. PENDAHULUAN
Di wilayah Bandung terdapat lebih dari 300 perusahaan tekstil yang tersebar di tiga wilayah, yaitu di Kabupaten Bandung, Kota Bandung dan Kota Cimahi. Di Kabupaten Bandung industri tekstil terkonsentrasi di tiga wilayah, yaitu wilayah timur (sepanjang Jalan Cileunyi-Cicalengka-Majalaya), wilayah tengah (sepanjang Jalan Mohammad Toha–Dayeuhkolot–Majalaya), dan wilayah barat (sekitar Nanjung dan Padalarang). Di Kota Cimahi, lokasi industri tekstil terkonsentrasi di sekitar Leuwigajah. Untuk wilayah Kota Bandung penyebaran industri tekstil berbeda dengan penyebaran dengan Kabupaten Bandung maupun Kota Cimahi. Di Kota Bandung, penyebarannya cenderung tidak terkonsentrasi dalam satu sentra.
Daerah Majalaya selama ini sudah dikenal sebagai sentra penghasil tekstil sejak tahun 1950-an yang mampu menghasilkan aneka ragam produk tekstil seperti sarung, kain untuk bahan pakaian, handuk, benang, kain kasur dan lain-lain. Saat itu betul-betul merupakan masa keemasan bagi Majalaya. Bahkan saking makmur dan terkenalnya tekstil Majalaya, kota ini pun mendapat julukan baru sebagai Kota Dollar. Kemajuan dan ketenaran Majalaya sebagai kota kecil penghasil industri tekstil membuat kepincut Wakil Presiden RI saat itu, Bung Hatta, untuk meninjau secara langsung keberadaan industri tekstil di Majalaya.
Saat ini, peralatan produksi yang digunakan para pengusaha umumnya bervariasi mulai dari aplikasi teknologi alat tenun bukan mesin (ATBM) hingga mesin tenun modern. Dan dari data Persatuan Pengusaha Tekstil Majalaya (PPTM), anggota PPTM yang tercatat adalah 220 perusahaan namun yang aktif hanya 52 perusahaan dengan tingkat utilisasi mesin sekitar 60%..
Kegaiatan proses produksi yang berlangsung didaerah Majalaya dan sekitarnya tersebut menghasilkan sampah yang mayoritas berupa sampah anroganik yakni sampah dari sisa-sisa produksi seperti sisa benang, kain potongan, kones bekas gulungan benang, kardus bekas pengepak benang, dan masih banyak jenisnya lagi. Barang-barang sisa tersebut apabila dapat dimanfaatkan oleh penduduk sekitar melalui upaya daur ulang menjadi produk yang memiliki nilai jual maka akan dapat memberi keuntungan dan mengatasi beragai masalah ekonomi setempat.

2. DAUR ULANG LIMBAH INDUSTRI GARMEN

Daur ulang adalah salah satu strategi pengelolaan sampah padat yang dianggap sudah tidak memiliki nilai ekonomis yang terdiri atas kegiatan pemilahan, pengumpulan, pemrosesan, pendistribusian dan pembuatan produk/material bekas pakai menjadi produk baru. Produk baru tersebut pada umumnya memiliki kualitas yang lebih rendah karena sudah kehilangan sebagian karakteristik bahannya.

Secara garis besar, kegiatan daur ulang digambarkan seperti terlihat pada Gambar 1. Untuk masyarakat Majalaya dan sekitarnya dimana daerah mereka dipenuhi oleh industri garmen, kegiatan pendaur-ulangan dapat berada pada tingkat pengolahan yang menghasilkan produk antara untuk disuply ke industri pengolah atau produk jadi dengan menggunakan proses dan peralatan sederhana. Kegiatan pada tingkat ini diperkirakan dapat menyerap 40 hingga 50 orang per lokasi kegiatan, tergantung ketersediaan modal yang ada dan jenis limbah garmen yang diprosesnya



2.1. Produk Daur Ulang: Keset
Keset berbahan baku limbah garmen memiliki kekuatan dan penampilan yang tidak kalah bersaing dengan yang berbahan baku non-limbah. Bahan bakunya berupa pinggiran kain yang sudah dibauang oleh industri garmen dan disebut tali. Tali yang sudah terkumpul dan dipisah menurut jenis warna dan jenis kainnya kemudian diproses/tenun dengan menggunakan alat tenun yang disebut Tustel. Untuk memberi ikatannya digunakan bahan yang disebut Lusi. Untuk pekerja yang sudah mahir dapat menghasilkan produk keset sebanyak 1,5 kodi atau sejumlah 30 keset per hari atau sekitar 40 kodi per bulan. Pemasaran produk keset tidaklah sulit karena disamping harganya murah juga sudah banyak Bandar/pengepul yang siap menampung hasil keset terseut untuk selanjutnya didistribusikan.dipasarkan ke seluruh pelosok Indonesia. Diagram proses pembuatannya dapat digambarkan sebagai berikut:



2.2. Produk Daur Ulang: Celana Pendek/ Kolor
Celana pendek/kolor menggunakan bahan baku kain sisa produksi pabrik dengan berbagai ukuran antara lain: 0.5 meter atau kurang, 1.0 m, dan 2 meter keatas, Bahan-bahan tersebut dapat dijadikan produk dengan berbagai ukuran, mulai dari kecil, sedang, besar, dan jumbo. Proses pembuatannya adalah sebagai berikut:



2.3. Produk Daur Ulang: Lap dari Benang Sisa
Terdapat berbagai jenis dan warna benang dari sisa produksi yang masih menempel pada kones. Benang-benang tersebut dikelompokkan menurut jenis dan warnanya kemudian disambung dan digulung ulang melalui mesin Reel hingga didapat gulungan besar hasil gabungan dari sisa-sisa benang. Gulungan besar benang sisa ini selanjutnya digunakan sebagai bahan baku pada alat tustel. Produk setengah jadi yang keluar dari alat ini kemudian diberi perlakuan akhir dengan cara merapikan bagian pinggirnya dengan mesin obras dan mesin jahit. Dan setelah diberi label serta kemasan maka produk ini sudah dapat dilempar ke pasar. Rangkaian prosesnya adalah sebagai berikut:



Lampiran Photo:


Gambar 5: Limbah majun tali dari industri garmen


Gambar 6: Limbah majun tali yang sudah disambung-sambung dan digulung


Gambar 7: Majun tali gulungan yang sudah dimasukkan ke Coban


Gambar 8: Proses pembentukan keset dari limbah majun tali


Gambar 9: Produk keset dari limbah majun tali yang siap dijual

215 komentar:

  1. Ass wr wb.

    Maaf pa, numpang buka lapak nih, dicari Pembeli Limbah Bahan Industri Garment Stock ada 120 ton. jika berminat bisa japri ke :

    csmiraclesuper@yahoo.com
    0812 8849 7080

    BalasHapus
  2. maaf numpang buka lapak jg,symenerima limbah pabrik atau bahan textil partai besar atau pun kecil,hub sy di 08174810996 atau 02199273446

    BalasHapus
    Balasan
    1. Poly karet mau ga pak.saya punya 24ton perbulan. 085719143941

      Hapus
    2. Saya ada karpet bekas pameran, jual kiloan:

      http://www.tokobagus.com/iklan/karpet-bekas-pameran-31009014.html

      fast respon: 081315976270 (marco)

      Hapus
    3. saya punya bahan jeans dan batik sisa potongan konveksi,
      barang x minat bisa hub 085642625471
      Lok : pekalongan

      Hapus
  3. pak saya butuh keset majun tali dengan kapasitas order 400kodi/minggu
    hub segera : kosasih - 087821974555
    sukses

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. maaf numpang lapaknya, dicari pembeli limbah kain industri/butik. kami bisa memenuhi pesanan dengan kuota 2ton/minggu. jika berminat bekerjasama dengan kami bisa hubungi no 085693817785

    BalasHapus
    Balasan
    1. gan da yg punya sisa garmen poly cattoon motif kotak2 ukuran min ukuran1 meter klo ada hub no ini 085640208791

      Hapus
  6. maaf numpang info saya asep dari sukabumi saya punya limbah kain 1 jari kaos spandek kapsitas 5 ton perminggu bagi yang berminat hubungi saya di 085860191191

    BalasHapus
  7. Maaf, saya Rian dari Batu saya butuh limbah kain. Hub saya 081335943382

    BalasHapus
    Balasan
    1. permisiiii,,,
      klo misalnya limbahnya udh bentuk baju ygudh lama msih bsa dperjualbelikan kah?,,,,, untuk di daur ulang kembali?.,

      Hapus
  8. saya Rahmad surabaya, mencari kain perca dlam jumlah besar dan kecil , klo ada yg cari sy jg melayani.
    isyaranu@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sya punya kain perca .bahan poly karet kwantity 24ton perbulan.hub 0857 19143941 syaiful

      Hapus
    2. saya punya kain perca.bahan sifon,kain stiella,rayon dan denim kurang lebih banyak 15 ton. berminat hub. 085231650142 hardi

      Hapus
    3. saya widy-surabaya
      pak suhardiman hardi ..harga 1 ton kain bahan campur berapa ??bisa minta nomer telpon ??

      trimz

      Hapus
    4. permisi...
      saya punya kain majun dari ukuran 5 jari hingga polaan bahan fleece, katun, emen dll.
      barang intensitas 10 ton barangkali ada yg berminat dpt menghubungi 085222984942 niki
      harga bersaing- posisi bandung

      Hapus
  9. permisi pak, ikut naro lapak.. saya rizky di bandung. dicari pembeli kain parasit, lotto, diadora, dll, stok 1,7ton, dan benang gress/sisa produksi stok 400 kwintal. silakan hub sya di 085213301715 atau 085624715083. terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. lotto nya harga brp gan ada yg sisa garmen g???

      Hapus
  10. sy butuh kain limbah putih (katun, polyster.dll) hub. ali @085321241979

    BalasHapus
    Balasan
    1. pak sy punya bahan tc putih campur besar kecil belum di jahit . apakah bapak berminat bisa hubungi sy di 08176578599 .konfeksi sendiri .tanpa pelantara .

      Hapus
  11. saya jual limbah kain katun putih kapasitas 1 ton/minggu, 08176621397

    BalasHapus
  12. misi gan numpang lapak. Dibutuhkan limbah kain katun. Quota 20ton/mgu. Hub saya 087832457000

    BalasHapus
  13. SAYA nyari limbah kain apa aja terutama bahan kaos, sy terima dengan harga 700 rupiah per kg, cod bandung , barang di jemput di tempat hub: 081344419396 dgn bpk toni almt jln supratman..

    BalasHapus
  14. saya punya levis,grey,segala jenis putihan,dan katun warna.yang berminat hub 085719223861.barang continue perminggu 15 ton

    BalasHapus
    Balasan
    1. brader...puya levis/gray sisa ptongan garmen ukurn 1 ubin krmik/30cm-1mtr.hrga di bwh 10rb.tlong hubngi sy.021,92572510 faisal..jkrt brt

      Hapus
  15. http://dutalampoeng.blogspot.com

    BalasHapus
  16. Kami dari Queenstar Doormat, Produksi keset tali kualitas terbaik dengan harga terjangkau. Kami menerima Grosir dan Eceran. Berminat Hub: 0857-3333 2306

    BalasHapus
  17. mau jual limbah kain..?
    di sini tempatnya..!!
    Jenis bebasss...
    Yank penting limbah
    calling y..d.:088809406532

    BalasHapus
    Balasan
    1. permisiiii,,,
      klo misalnya limbahnya udh bentuk baju ygudh lama msih bsa dperjualbelikan kah?,,,,, untuk di daur ulang kembali?.,

      Hapus
    2. Saya ada karpet bekas pameran, jual kiloan:

      http://www.tokobagus.com/iklan/karpet-bekas-pameran-31009014.html

      fast respon: 081315976270 (marco)

      Hapus
  18. permisi numpang buka lapak,saya mau jual benang sdy 100-72 sisa warping krg lbh ada 7 kuintal hub langsung 022-92393877 htr nuhun

    BalasHapus
  19. misi gan . . . sy cari kain putihan gray katun/polystern . ukuran 25 up , hbngi sy klo ada .)(082117777134) faisal..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Sy ada kain putihan : saten, asahi ukuran 2 m kbwah stok ada 500 kg bsa rutin hub:085239516522

      Hapus
  20. ass.
    mas di tasik bnyak limbah kain ptongan busana
    muslim.
    Klo anda berminat.hub sya saya akan
    usahain..085223584037.
    Mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari bahn ap gan?tolng infony sms 085624394062

      Hapus
  21. assalamualikum..
    saya ingin menawarkan berbagai limbah kain garment dalam stock besar dalam bebagai jenis limbah,, kalo saudara berminat silahkan contact di 08569977238 (Devan)

    BalasHapus
    Balasan
    1. no hp nya udah ganti yaa pak?? kok dihubungi no nya salah.

      Hapus
    2. gan da yg punya sisa garmen poly cattoon motif kotak2 ukuran min ukuran1 meter klo ada hub no ini 085640208791

      Hapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Hallow Agan2 smuanya...!!

    ane numpang nanya nih, ada yg punya sisa potongan kain/kaos-pabrik/garment yg masih bisa dipake untuk usaha konveksi...??
    Untuk daerah Jakarta Utara.
    Continuous

    Hubungi saya aja gan

    JHON
    (0813 1600 6090)
    (021-6894 2219)

    BalasHapus
  24. saya perlu kain majun
    dimana yach diprodusennya
    085754889048

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo boleh tau anada daerah mana yh
      saya mau jual limbah majun sekitar 3 ton nan.

      Hapus
    2. @ my blog kaina majun yang sudah berupa lap / limbah?? kalau berupa lap bisa hubungi saya di nomer 021 920 71756

      Hapus
  25. mohon bantuan para profesional majun, berapa yah harga majun jeans katun murni ukuran terkecil (untuk dilebur)?.

    BalasHapus
  26. kami ambil kain langsung dari pabrik besar di ungaran jawa tengah...
    berbagai macam kain dan limbah pabrik tersedia..
    katun, polyster, tisu , dll
    minat email cv.anugrah_semarang@yahoo.com

    BalasHapus
  27. Ass,
    Nmpang buka lapak
    Kami memiliki stock berbagai macam kain dari limbah pabrik ..msh dalam bentuk gulungan.
    lokasi kami di batam, tersedia jenis spandek, kaos ,dll (stock berubah2 sesuai supply dr pabrik)
    minat email ke elina.ambarita@gmail.com
    HP : 081270515925, 085272259427
    wass...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tolong email atau sms harga yang anda tawarkan, Bu. kami butuh banyak.

      email: harison1975@yahoo.com
      HP : 081382565737

      Hapus
  28. Kami Butuh potongan kain katun (limbah konveksi/tekstil) dalam jumlah besar. bagi yang punya stock silakan hubungi kami di email : harison1975@yahoo.com atau HP: 081382565737
    Jangan lupa cantumkan harga yang Anda tawarkan.

    BalasHapus
  29. CV.Multiguna di JOGJA, saya butuh kain sisa tekstil. dibutuhkan 10-20ton/3bulan. apa bisa sediakan dengan harga 750/kg.
    Hub :
    0856 254 89 40/(0274)886262
    E-Mail: Safirahproduksi@yahoo.com
    Tolong Konfirmasinya.

    BalasHapus
  30. Salam Hormat,
    Kami dari "QUEENSTAR DOORMAT" ,Produsen Keset Tali Spesial di Surabaya & Jombang Jawa Timur. Kami membutuhkan supply bahan baku limbah industri Garmen berupa Majun Tali. Apabila Anda supplier majun Tali & berminat bekerjasama dengan kami, silahkan kirim spesifikasi penawaran harga ke almat email: qs_doormat@yahoo.com. web: qs_doormat.multiply.com. Tks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. CP: TINO
      085733332306
      0321-6991473

      SALAM QUEENSTAR "THE BEST QUALITY DOORMAT"

      Hapus
  31. sedia kain majun ukuran 30x30cm , majun tumpuk warna Rp5500, minimal order 1 ton
    Hub CP : 085786140009

    BalasHapus
  32. ni napa y pda g aktif smua nope ny????sya btuh kain mjun berbhan poliester.hub 085624394062

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya punya kain majun bahan polyster, untuk info silahkan hub. 021 920 71756

      Hapus
  33. butuh limbah katun. ukuran dan warna apa saja.
    terima partai besar.
    hub: 087880909440
    081574519719
    email: syai_roiz@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. di daerah kami banyak limbah kain katun hasil konveksi dan belum pernah di manfaatkan.. monggo jika berminat kami siap membantu pembeliannya..
      cp. 085741399869 an noor sholikhin

      Hapus
    2. minta daftar harga penerimaan dari bpk. ditempat sy banyak ,hub taufik 081316956850.makasi

      Hapus
    3. dimana mas lokasi nya n minta harga berpa perkilo nya

      Hapus
  34. butuh majun kain spandek balon harga sesuai rutin sya ambil info sms 085624394062

    BalasHapus
  35. butuh,limbah kain kaos,,daerah tangerang,hub 081218581244

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy ada bhn katun,rayon motif hub 081297333540

      Hapus
  36. SAYA JUAL KAIN MAJUN,SARUNG TANGAN KAOS,MASKER DARI BAHAN LIMBAH GARMENT..

    BERMINAT HUB SAYA : YOGA - 085717609653

    LOKASI TANGERANG

    BalasHapus
  37. mau nanya untuk limbah bahan legging jeans apa ada yg punya? kalau ada harganya berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. spandek pak.??maksudnya.??call aja ke no 085779015299 untuk info

      Hapus
  38. Saya Ada Limbah Levis 10 Ton/minggu,Kain majun,dll. Contact : 085649465000. 081265818029

    BalasHapus
  39. saya mau cari sisa kain butik bahan sifon,katun dll. 085648851485

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya punya bahan burkat 1 meter keatas yang gres banyak minat hub 085318878212 / 08991206612

      Hapus
  40. Bagi anda yang memiliki kain levis jenis katun 2-3 jari segera infokan ke saya. Kita butuh sebanyak-banyaknya.

    Hubungi 085331453848

    BalasHapus
  41. informasi bag yg jual majun hrga yg sya berikan hrga minim tpi continue
    buat ap hrga mahal tpi cuman smentara
    sya di sini bkan cari keuntungan sepihak tpi keuntungan bersama&kebersamaan berbisnis yg sya utamakan.trimakasih

    BalasHapus
  42. selamat siang
    saya punya kain perca sisa, bagi yang berminat silahkan hubungi kyuritno@rocketmail.com
    saya ada didaerah surabaya
    terimakasih

    BalasHapus
  43. Mohon info, saya mencari benang polyster sisa. Hrga sekitar Rp1.000-Rp 1.500/ kg wrna putih. saya butuh dlm beberapa ton.kualitas tidak dilihat. Jika ada hub 085779083959 (sms)

    BalasHapus
  44. Maaf.numapng buka lapak .Yang butu limbah kain hub saya bayu purwakaeta di 085774197411. Rutin per 2 minggu 20 ton

    BalasHapus
  45. buat agan2 yg punya majun talikur\tali tas bahan pp hub sya 085624394062 domisli untuk daerah bandung

    BalasHapus
  46. buat agan agab saya jual berbagai macam kain putihan
    hubungi 08884178703/sms oke
    http://kain-putihan.blogspot.com

    BalasHapus
  47. numpang neeh,sy punya bahan majun limbah garmen dg berbagai jenis/ukuran.jika ada yg minat silahkan hub no 08156214126.bisa di survey ke gudang sy di daerah cicurug sukabumi.
    kami juga memproduksi lap majun dg vareasi ukuran dan jenis nya.triss salam sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. maap. numpang saya punya bahn katun polyster dln, buat didaur ulang. hub 081223739249 085659453284 terimakasih

      Hapus
  48. Ass wrwb, Numpang buka lapak jual limbah kain kaos katun & pollyester bisa rutin uk. dua jari up warna putih
    hub . 081380587858, trims

    BalasHapus
  49. maaf, numpang jual kain kaos campur kiloan sisa garmen ada 2 ton harga murah dan nego silahkan hubungi 081321631836 siapa cepat dia sapeeeetttt.....!!!!!

    BalasHapus
  50. maaf, saya mau tanya, ini lokasi pastinya dimana?

    BalasHapus
  51. numpang ah.....limbah plastik daun, hd,pe. ex. benang/kain,bagi yg minat silahkan call/sms 081809029333.lokasi daerah majalaya- rancaekek

    BalasHapus
    Balasan
    1. @ikhsan ukasa,,rincian harganya mohon di kirim ke jonesseky@gmail.com,,,posisi sy di bandung

      Hapus
  52. dibeli kain potongan dari konveksi bahan spandek atau katu untuk ukuran pingiran, kepala badan dan kapala bahan (acad) djamin harga oke. kalau ada yang punya silahkan hub, 0852 8945 3231..pak rizal

    BalasHapus
  53. serius di cari limbah keset/karpet bahn benang pp tanpa di coting(lapisan karet)
    hub ali.085624394062

    BalasHapus
  54. Saya butuh lembaran majun warna putih berbahan katun jenis kaos singlet/daleman ( Biasanya merk Rider, Hings dll ). Lebar minimal 20x20 cm. Saya butuh banyak, sekitar 5 Ton/Bulan
    Kalau ada, silahkan hubungi saya di 0853-3145-3848

    Terimakasih

    BalasHapus
  55. jual majun bahan kaos katun campur ex pabrik.
    PO pabrik tangan ke 2
    penawaran harga kirim ke "menirbelanda@ymail.com"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy mncari bhn sipon ukuran 1m keatas wrna polos/ motif hrga cocok bs rutin.hub.081297333540

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  56. saya ingin mencari kain bahan jenis singlet jenis rider,apa ada yang tau?
    Kalau ada tolong hubungin nomer saya bpk dio : 085263214825....trims

    BalasHapus
  57. saya mencari kain polyester coating , bahan tenda , tas , limbah potongan lebar atau gulungan . kalau agan agan ada yang tahu hub sy 08133587704

    BalasHapus
  58. Saya lagi cari limbah berbahan nylon.
    Jika ada bisa hub sy ke 02193088900

    BalasHapus
  59. Saya punya bahan polyester coating/tas untuk didaur ulang.. quantity banyak(10 ton lbh/bulan) bila ada yang berminat bisa menghubungi saya di 085216587766..

    BalasHapus
  60. saya mencari kain handuk potongan ,mohon yang punya stock hubungi di no, 08123580947

    BalasHapus
  61. maaf pak numapng tanya, kalau mesin pembuat kesed nya dapat dari mana yah?

    BalasHapus
  62. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  63. Bagi agan-agan para pengrajin keset dari sisa garment yang berjenis majun tali.. Kami bisa menyediakan bahan baku majun tali tersebut dengan harga Rp 1.800/kg (harga nego) stock 5 ton/minggu..
    Jika Minat Hubungi : 08568985030 Lokasi di bogor..

    BalasHapus
  64. saya butuh kain TC atau PE warna atau putih ukuran minimal 1 Meter
    jika agan agan ada yang punya bisa hubungi saya.
    085 640 823 272
    082 325 947 551

    BalasHapus
  65. Siapa tahu ada yang cari juga kain kiloan…coba saya kasih tempat recommended tempat saya biasa beli kain kiloan, barangnya mantep abis, mulus..kualitasnya juga oke banget…coba kalau agan2 atau sista2 ingin mencari kain kiloan, coba mampir ke alamat Jl.Muwardi 2D Jakarta Barat, Grogol , atau bisa mampir ke web http://www.kainkiloan.com

    BalasHapus
  66. numpang jualan gan...
    ane punya limbah koveksi kain campuran,
    1 minggu min 2 ton, jika ada yanng berminat silahkan email
    bambang.arah@gmail.com
    pin BB 2a501e7b

    BalasHapus
  67. ass hello semuanya prknlkn sy ramli dari gn putri bgr.sdng mncri kain bks ptngan levis yg lbr 1 jengkal pnjng min 30cm.
    dan plastik pe 1jenis
    dpt mnghbngi sy dgn krjsmanya..no tlp
    08999329937 atau 087878391987.081289706326

    BalasHapus
  68. jual limbah garmet topi ada 3 tonan

    BalasHapus
  69. Permisi , assalamu'alaikum ..
    Untuk agan" yg msh butuh limbah garment silahkan tekan tombol telponnya ke nomor 085695955089 , insya allah yg anda cari ada pada kami , kami menyediakan limbah kain perca , katun , dll .

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamu'alaikum...
      Kami membutuhkan limbah karpet dengan kapasitas banyak. mohon infonya.
      hp. 085640301324. wawanmsi.jateng@yahoo.com

      Hapus
    2. Sy sda limbah karpet yg bpk cari,posisi bpk dmna? Bs hub sy di: 081297333540

      Hapus
  70. Assalamu'alaikum...
    maaf Numpang Promosi :
    Untuk Saudara2 yg butuh pengobatan Altrnatif InsaAllah saya siap membantu gengan Izin Allah SWT : Susah dapat jodoh,Konsultasi Usaha,Sakit diabetes,sakit strok,Lemah Shawat Dll.

    Hub : Kang Nono Purwakarta Hp 085795500223

    BalasHapus
  71. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  72. Numpang share gan ..
    Ane punya perca spandek 25ton ukuran 2-3 jari gan.
    Ane perminggu ªϑa̲̅ 6 ton gan bagi Ɣªήğ berminat silahkan hub :
    TOKO. : A.S MAJUN
    Owner. : SELMAR PUTRA .S
    Number : 083878350394
    Pin : 29B80BCB

    BalasHapus
  73. Saya butuh sarung tangan Benang 6 dan benang 8 warna putih, yang riject atau bekas pakai akan saya repair cuci dan recycle, untuk kapasitas sampai dengan 10 ton/bulan, hub saya di 081553782370

    BalasHapus
  74. Saya punya perca Levi's,GREY,putihnya dan lain lain
    Kunjungi blog Saya megidarmawan.blogspot.com

    BalasHapus
  75. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  76. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  77. permisi..ikutan ya agan2

    sy sedang cari bahan kaos cotton combed atau carded, baru mau mulai usaha kaos anak2.

    yg sisa produksi gpp, tp yg msh bs di buat pola utk kaos ukuran anak-anak, warna di utamakan terang (pink,kuning, biru, hijau,ungu,merah,dll)
    Hanya mencari yang di daerah tangerang, spy bs COD lgsg di lokasi.

    kl ada yg punya silahkan sms ke 089687600730

    makasih moderator

    BalasHapus
  78. Numpang share gan...
    ane py lap majun tumpuk warna ukuran 20x30cm kain kaos hasil home industri. 1kg sekitar 12-13 lembar.
    melayani jmlh kecil dan banyak,bisa kontinue..
    lokasi di kendal-jawatengah

    klo ada yang minat bs hub 081 569 61612

    BalasHapus
  79. saya ryan dari bandung jawa barat. saya punya banyak limbah kain apapun yang anda cari kami ada barangnya.
    asal pembayarannya kontan.
    harga macam2 sesuai barang.

    serius kami kirim sempelnya.

    kota bandung rajanya limbah kain.

    hub ryan 022 91933317 - 082318727000

    BalasHapus
    Balasan
    1. gan punya sisa garmen poly cattoon motif kotak2 ukuran min ukuran1 meter klo ada hub no ini 085640208791

      Hapus
  80. Misi bos bos, sy lg btuh aval pp tisu tonase 3-4 ton/minggu
    sy di SBY
    Jika brsdia menawarkn ke sy tlong emai ke : jaya6.wjp@gmail.com
    Jgn lp kirim gbr ato foto srta harga dn lokasi agar sy bs cek langsung
    cocok lngsung timbang bayar angkut

    BalasHapus
  81. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  82. Utk para pengusaha yang berada di daerah ciparay majalaya cicalengka rancaekek dan sekitarnya apabila anda membutuhkan tambahan untuk modal usaha dari 10 s/d 300 jt silakan hubungi saya:
    BRI Syariah
    Andri
    081322774862
    suparman.andri4@gmail.com
    semoga usaha kita bersama mendapatkan ridho Allah...aamiin

    BalasHapus
  83. jual sebitan kain perca katun limbah garment dan selongsong bekas rol kain barang langsung dari pabrik kuantitas 15 tonan sekali ngambil sebulan 2 smpe 3 kali ngambil minat hub.081322129637 ALAN atau ke email sandiputra@yahoo.co.id..cod.bandung

    BalasHapus
  84. ijin pa, saya punya limbah scraf/pola/benang harga nego, minat add pin saya 2901e3b0, trims

    BalasHapus
  85. Posisi dikota mn ya klo blh tau

    BalasHapus
  86. permisi numpang lapak, gan
    saya helmy mo jual stock lot garment kemeja dengan posisi di daerah semarang.
    jika ada yang bermint hubungi saya di :
    0857 2785 1671
    atau add pin saya 7580A3D1

    BalasHapus
    Balasan
    1. gan da yg punya sisa garmen poly cattoon motif kotak2 ukuran min ukuran1 meter klo ada hub no ini 085640208791

      Hapus
  87. Sedia kain majun ukuran 20x20cm , majun tumpuk warna Rp5500, minimal order 1 ton
    Hub / SMS :087879042888

    BalasHapus
  88. Saya pingin terjun di dunia kain nih, buat bapa-bapa yang sudah berpengalaman mohon bimbingannya
    ...
    Bagaimana sih awal agar saya bisa main di kain??

    BalasHapus
  89. Saya punya limbah garmen kaos dan celana pendek boxer merk tomi. berupa kain perca dan majun bahan katun. Banyak juga potongan kecil dan tali cocok untuk pengusaha lap majun dan keset dan celana dalam. Hub 081223478959 / 02196118897 pin bb 214f406e

    BalasHapus
  90. Buat yang punya informasi limbah benang acrylik/KAHATEX, mohon hub saya di 085221175256

    BalasHapus
  91. misi numpang lapak..
    ane ada limbah benang (srowol) kapasitas 7ton/minggu yg minat hub.085755426150

    BalasHapus
  92. Permisi numpang lapak...
    Saya menyediakan kain perca berbagai ukuran mulai
    dari lebar 0,5 Cm hingga lebih.
    jika berminat hub 081389991672 ( di Bekasi ).

    BalasHapus
  93. saya ingin menjadi agen kain kilon di daerah pati jawa tengah. gmn caranya? mohon bimbingannya
    085878636924

    BalasHapus
  94. Salam,
    Punten agan-agan, saya yana di bandung, butuh kardus 2 ply saya pengrajin kardus bekas untuk dijadikan kardus lagi biasanya, kardus lembaran besar, seperti bekas furniture, bekas sparepart mobil/ motor atau bekas benang dll. bila ada yang punya kardus bahan tersebut 2 ton per minggu. hubungi ane 0853 1729 6190

    BalasHapus
  95. Saya mencari limbah nylon, jaring bekas nelayan dari nylon, kain parasit...

    Kalo ada yang punya bisa hub 021-93088900

    BalasHapus
  96. Jual tali majun pe, grey, katun, spandek balon, finishing dalam jumlah ton an ,,, daerah bandung hubungi 081312377198

    BalasHapus
  97. Misi gan saya numpang promo saya pengelola sarung tangan rajut B5 s/d B8 harga perlusin 5000 cod daerah bekasi .. untuk pemesanan hub: 088808300646
    .

    BalasHapus
    Balasan
    1. stock srung tangan B5 ada berapa banyak gan,,brp hrg nya? hub saya di 089616665867 eki

      Hapus
  98. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  99. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  100. SAYA PRODUSEN TIKAR LIPAT LAMONGAN MEMBUTUHKAN BENANG PE DAN/ATAU PP BEKAS/AVAL/LIMBAH/GRADE C BERBAGAI WARNA BUTUH DALAM JUMLAH BANYAK. HUB: 085707228555 ATAU PIN BB: 29D3C82A

    BalasHapus
  101. numpang bwt lapak gan.
    saya punya benang bekas WARVING .10 ton.
    daerah bandung.
    bila berminat beli.
    hub : 083821414909
    email : ore.rasta@gmail.com

    BalasHapus
  102. UNTUK PARA AGAN...

    saya sedang mencari kain loreng kalau ada mohon infonya ke oricomposites@gmail.com

    Terima Kasih

    BalasHapus
  103. Saya punya limbah sisa necian dari bahan wolfis/wolcrepe/kelly dalam jumlah besar. Daerah jakarta. Bagi yg minat silahkan hubungi : 02170933244

    BalasHapus
  104. Jual sisa potongan bahan kaos dewasa, campur-campur, lokasi Tangerang, Rp. 700/kg, minat 0859 4654 6632

    BalasHapus
  105. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  106. bos.. saya ada bahan dan limbah.. bisa di lihat di sini bos..
    http://www.limbah-garment.com/325013641
    semoga anda berminat

    BalasHapus
  107. Maaf gan.. saya bisa jual kesed majunnya.. mohon infonya ya gan.. kalau harga cocok saya mau order banyak.. Cahyo (282227503179) (kalau ada pengrajin pisau tanduk tasik , sapu dll ane siap order gan) Thx

    BalasHapus
  108. Maaf gan.. saya bisa jual kesed majunnya.. mohon infonya ya gan.. kalau harga cocok saya mau order banyak.. Cahyo (082227503179) (kalau ada pengrajin pisau tanduk tasik , sapu dll ane siap order gan) Thx

    BalasHapus
  109. maaf pak yusman sy dari rembang jawa tengah,sy pingin alat daur ulang plastik injecmanualnya kira2 kalau buatkan untuk sy di kenakan harga berapa,dan sekalian tanya injec manualnya kalau untuk produksi cetak daur ulang kepala gesper plastik bisa kan,ini sm pak rumani rembang pin bb 75410E75 mohon konfirmasi secepatnya makasih

    BalasHapus
  110. mohon numpang jualan ke rekanan semua,siapa tau dari teman2 semua ada juga yg produksi konfeksi pakaian sekiranya ada yg membutuhkan acecoris tambahan berupa ikat pinggang/gesper bisa hubungi sy p.rumani 085 328 380 575 pin 75410E75 sy produksi sendiri mau desain apa sy siap,sy penyedia partai besar maupun kecil mksh

    BalasHapus
  111. maaf numpang nempel.. kalau ada barang sisa garment berupa bahan kaos jenis katun, poly dan lain - lain bisa hubungi saya di 085774608755

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ada majun bahan spandek,rayon ukuran sktr 20cm - 50cm..lokasi bandung 2500/kg..bisa di cek di 02293982102 / 081214271049

      Hapus
  112. kalau ada loto super, adidas, katun yang masih gres / rolan bisa hubungi saya di 085774608755

    BalasHapus
  113. No : 185/SP_WS/JPP/VIII/11
    Hal : Surat Perkenalan dan Penawaran Produk
    Lamp :

    Kepada Yth,
    Relasi
    Di tempat

    Up : Bapak/Ibu pimpinan perusahaan

    Salam Hangat,
    Kami PT WONG SEMAR adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang Jasa Pelayanan dan Perdagangan yang akan membantu perusahaan Bapak/Ibu untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan oprasional harian maupun kebutuhan yang lain untuk menunjang tercapainya hasil yang diinginkan dan tentunya lebih efesien, efektif, serta low cost.
    Divisi Produk-Produk Kami meliputi :


    WONG SEMAR JASA PELAYANAN DAN PERDAGANGAN
    “PROMOTION OF A PRODUCT”

    - Menerima Kerja Sama :
    1. Promosi & Pemasaran Produk Barang dan Jasa

    WONG SEMAR TOKO PRANATA
    “DISTRIBUTOR DAN PRODUKSI”

    - Produksi :
    1. Kain Lap Majun Berbagai Jenis + Bahan
    2. Masker Kain Berbagai Jenis + Bahan
    3. Keset Berbagai Jenis + Bahan
    - Distributor :
    1. Sarung Tangan Berbagai Jenis
    2. Masker Hijau
    3. Tali Rafiah
    4. Tali Tampar
    5. Terpal
    6. Isolasi
    7. Kebutuhan Menjahit

    WONG SEMAR TOKO CIK NI
    “SUPPLIER”

    - Menyediakan :
    1. Alat-alat listrik
    2. Alat Tulis
    3. Bahan Sembakau
    4. Kebutuhan Rumah Tangga

    WONG SEMAR CATHERAN
    “JASA DELIVERY DAN RENTAL”

    - Untuk Keperluan :
    1. Pengiriman Barang
    2. Pindahan
    3. Antar Jemput
    4. Pulang Kampung
    5. Rekreasi
    6. Dan Kebutuhan Transportasi Lainnya


    Besar harapan kami untuk dapat bekerjasama dan menjadi rekanan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin dan kami mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kesempatan yang sudah Bapak/Ibu berikan. Demikian surat perkenalan dan penawaran produk ini kami sampaikan, sekian dan terima kasih.


    Salam Sejaterah,
    PT WONG SEMAR

    IBU RIRIN
    Jl.Raya Babatan UNESA GG VI / No. 16 Kel.Babatan Kec.Wiyung, Surabaya 60227
    031 - 28811585 , 031 – 71990965 , Fax 031 - 7520205
    Email : semarwong@gmail.com , pt.wongsemar1@gmail.com
    Blog : wongsemar.blogspot.com , tokopranata.blogspot.com
    LinkedIn : PT WONG SEMAR - INDONESIA

    BalasHapus
  114. ijin buka lapak...
    dicari pembeli limbah garmen kain perca jenis kain Rayon motif Batik, kuantitas +/- 10 ton/bulan.

    jika berminat bisa hubungi kami PT. LPA Bekasi,
    Telp : (021)29372227
    E-mail : pt_lpa@ymail.com

    BalasHapus
  115. UNTUK PRODUKSI BAJU OLAH RAGA di jual kain kaos adidas sisa produksi baju ( ga perlu cutiing dan pola lagi ) bahan tinggal jahit terdiri dari ( badan depan , badan belakang, tangan) stok 8 warna order minimal 200 kwintal Harga 45.000/kg . Dan jual kiloan bahan kaos katun putihan kombet bahan besar2 bisa untuk 2-3 baju hub 02293663426

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal bos,ada didaerah mana?

      Hapus
  116. siap beli bahan sisa garment

    BalasHapus
  117. siap beli bahan stok garment. bisa hubungi di 085774608755

    BalasHapus
  118. JUAL_BELI KAIN SISA POTONGAN ex GARMEN
    Kami menjual bahan bahan kain kiloan untuk menyuplay kebutuhan konveksi Rumahan
    pengrajin : Taplak meja , Sarung tangan, Lap , Sarung bantal kursi , Daleman Dll.
    Diantaranya jenis :

    -cotton
    -tc
    -pe
    -higet
    -batik
    -bahan sprey
    -rayon
    -spandek balon
    -dll

    CAMPUR BERMACAM WARNA
    Kualitas lembaran
    min 50cm

    -Harga bisa dikondisikan dengan kualitas barang
    -Tersedia juga barang gress / Rollan

    HUBUNGI : 022-93663426 line / whatc up 088 928 014 46

    DALAM KOTA BISA LANGSUNG DATANG KE GUDANG KAMI
    LUAR KOTA PENGIRIMAN via JNE atau POS.

    KEJUJURAN MODAL UTAMA KAMI
    KEPUASAN PELANGGAN TUJUAN KAMI

    BalasHapus
    Balasan
    1. gan da yg punya sisa garmen poly cattoon motif kotak2 ukuran min ukuran1 meter klo ada hub no ini 085640208791

      Hapus
  119. Dijual Bahan Potongan
    * bahan drill lembut
    * ukuran 1,5 m x 1,5 m
    * sudah berbentuk potongan dan sudah di bungkus
    * ada sekitar 50 pcs
    * warna biru tua. biru dongker * cocok untuk rok atau celana kerja

    * bisa untuk seragam keamanan atau seragam sekolah
    * cod jakarta barat

    http://allyoucanbuy.wordpress.com/

    contact 0811 1335 135

    BalasHapus
  120. numpang lapak gan, kami menyediakan aneka jenis saten, bsy, asahi, gabardin, majun, dll... dalam jumlah besar,dikhususkan untuk pabrik..

    dan batik non sutra original dan sunwash asli solo. kami menjualnya per mtr.
    jika berminat hubungi ;085740887705,081228677750.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya cari kain majun putih ukuran 50x50cm,. apa agan jual? kebutuhan 300kg/bulan

      Hapus
  121. Saya lagi butuh kones plastik bekas benang isi 5.000 yard. Yang punya barang nya boleh kontak saya di 08156205445

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bila berkenan saya bisa sedia kones bekas benang Tapi dr bahan kertas/kardus dengan harga murah bila berminat huhungi 081287245263

      Hapus
  122. Dijual kain bekas konfeksi jilbab gan siapa minat hub ane 085648750321 kurang lebih 2 ton

    BalasHapus
  123. Saya butuh benang filamen ( sdy ) warna hitam/ bright yg harga terjangkau aja grade c juga gpp ukuran diner berapa aja klo ada hubungi saya di mario.chaky@gmail.com
    Atau pin bb 309bf6ba

    BalasHapus
  124. ada yg jual tali kur dengan ukuran 2,5 ato 3mm dengan berbagai wrna...
    hub. sya : 085750146366
    082255100189

    BalasHapus
  125. Jual kain sum/romot untuk di lebur dan dijadikan benang, asbes dan isi boneka, silahkan hubungi 08564067622

    BalasHapus
  126. saya butuh kain majunputih ukuran 50x50cm , perbulan 300kg untuk membersihkan mesin2 di pabrik ,. tlong konfirm ika ada yang menjual 021 53127774

    BalasHapus
  127. sedia bahan CVC,TC,DOLBY sisa pabrik roll an, perbulan 30000 yard sampai 50000 yard.
    harga 6500/yard. 021 32164604

    BalasHapus
  128. Maaf pak mohon infonya ..Apa ada yang produksi baju anak dan dewasa celana kemeja kaos n baju bola hubungi 087780051668 saya di jakarta

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya siap menjadi suplayer insaAllah bisa memenuhi permintaan anda bozz asalkan pembayarannya kess klo emang mau silahkan hub no ini 085640208791

      Hapus
  129. numpang lapak boss. saya butuh tali katun, spandek ..
    dan saya jual keset tenun .
    cod. majalaya. bandung.
    087824493833. makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo bahan spandek,rayon saya ada kang..2500/kg..ukuran sktr 20cm - 50cm..bisa di cek di 02293982102/081214271049

      Hapus
  130. maaf numpang lapak, saya punya bahan sisa potongan karpet, yang bisa di jadikan keset anyaman atau keset polos.
    088802518559, semarang

    BalasHapus
  131. Maaf para master,ada yg buat CD pria murah meriah??
    Tlong infonya???
    Emai : didikinfexsi@gmail.com

    BalasHapus
  132. para agan - agan ada bahan apa nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kita ada bahan limbah levis nih bro...bisa hubungin sk.plating@gmail.com

      Hapus
  133. mau tanya nih gan, sy sdg cari bahan LICRA ,dan bhn PARAGON klo ada tlg hub sy, 081298873600 (AGUS) sy di jakarta selatan trm ksh....

    BalasHapus
  134. Membutuhkan dlm partai besar kaos/kain putihan, crem, grey, poly (ctn, tc, pe) ukuran 2 jari dewasa keatas dari ex garment dan konveksi. Membutuhkan juga dr stock garment kain rollan, accessories dan baju2nya. Hubungi Rudy 08121377366 / Iyus 085883037399..tks

    BalasHapus
  135. ada yang butuh tissu pp polyster? lebar 4 jari / 20 cm .. aval pabrik, kondisi rollan dan bal press quantity 10ton perbulan .. jika berminat bisa contact sy di 081298484332

    BalasHapus
  136. Yg mau jual plastik pp pe hd hub: 081398252659/ atau yg mau juAl kardus dan kabel hub sj no di atas

    BalasHapus
  137. Kalau ada kaos baby/ozy, kain kemeja, celana ( katun atau tc tdk karetnya) hubungi Rudy 08121377366 dan Iyus 085883037399...

    BalasHapus
  138. barangkali ada yang perlu kain perca bahan dari spandek jersey ukuran minimal untuk laging anak usia 4thn. saya juga cari benang kiloan murah 20/3 dan 20/04 yang punya bisa hubungi saya 08562159949 tq

    BalasHapus
  139. numpang buka lapak om...saya punya bahan sisa garmen seperti jeans kattun majun dan dril minat hub 088802504574

    BalasHapus
  140. Saya punya limbah majun (tali). 1 minggu siap kirim minimal 1 ton. Klo ada yg minat hubungi saya 0896 8147 3082.

    BalasHapus
  141. saya punya limbah sisa karpet mobil
    bagi yang membutuhkan silakan sms ke 085710301838
    atw pin 73f44c35

    BalasHapus
  142. numpang ngelapak saya punya kain ukuran 1 jari sampai ukuran gede udah di sortir 1-2 jari, 3-4jari 5 -6jari dewasa dan lb yang butuh hubungi saya 08128865512 yayat

    BalasHapus
  143. ikutan kalo ada limbahkones bekas gulungan benang info ya,yg dari krdus.087877890124

    BalasHapus